Jumat, 26 April 2019

Tiga mantra ajaib : Tolong, Maaf dan Terimakasih

Masih dalam suasana safar di mana sebagian waktu kami habiskan dalam perjalanan. Berpindah dari satu kasur tempat penginapan ke tempat penginapan berikutnya, atau mencoba bisa istirahat dengan nyaman di atas jok mobil. Alhamdulillah kami memiliki duo jenderal yang sedari dini sudah di kenalkan dengan travelling , bahkan di saat usia mereka beberapa bulan dari kelahiran mereka. sehingga adaptasi yang cukup baik ini membuat kami sudah cukup nyaman apapun kondisi dan keadaannya saat kami melakukan Tration, sebuah sebutan yang kami beri nama dari Travelling Education, kebiasaan yang kami turunkan kepada duo jenderal hingga hari ini.



Namanya juga berada dalam perjalanan dengan fasilitas yang serba apa adanya, cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan yang ada. berbagai media permainanpun kami siapkan sebagai bekal anak-anak selama berkegiatan di dalam mobil yang melaju. Tiga mantra ajaib selalu menjadi kalimat pembuka dalam berbagi kesempatan. Ketiga mantra tersebut adalah "Tolong, Maaf dan Terimakasih".

Salah satu chef yang kami temui dalam perjalanan kami


Berusaha selalu menyematkan kata " Tolong" saat meminta bantuan dari yang lain, berujar "maaf" saat ada yang belum pas atau menyesal atas sesuatu hal tanpa merasa di rendahkan maupun merendahkan yang lainnya serta tak lupa mengucapkan terimakasih atas bantuan sekecil apapun yang didapatkan.


Anak-anak yang terbiasa menyiapkan sarapan sendiri


Hingga akhirnya duo jenderal pun terbiasa untuk mengucapkan ketiga mantra ajaib itu di manapun, kapanpun dan dengan siapapun mereka bertemu orang lain . Hal-hal yang mungkin terlihat sederhana, mengucapkan terimakasih pada para doorman pembuka pintu hotel kami menginap, mengucapkan terimakasih pada driver ojol saat beliau selesai mengantarkan kami atau bahkan Nad sengaja mencari cheff di suatu restoran tempat kami bersantap untuk sekedar berkenalan sembari menguckan terimakasih karena telah membuat kami kenyang dan cukup nutrisi karena kerja keras dari para cheff dan tim di balik pintu dapur.



Kata terimakasih, maaf dan tolong merupakan komponen penting dalam kehidupan bersosial. Kata-kata tersebut juga memiliki kekuatan membentuk mereka tunbuh menjadi individu yang lebih baik. Mengajarkan mereka mengucapkan kata-kata tersebut agar merekapun menularkan kebiasaan baik ini kepada individu yang lainnya



Yogyakarta, 26 April 2019
Puspaning Dyah, Catatan bunda pembelajar

#hari2
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

0 komentar:

Posting Komentar