Minggu, 28 April 2019

Alam Mengajariku Banyak Hal

Melatih Kemandirian Day#4
Bermain dan bergembira adalah dua hal pokok yang menjadi aktifitas anak-anak. Karena lazimnya anak-anak usia dini gemar sekali melakukan suatu permainan. Misalnya saat saya mengenalkan konsep angka pada Adek Yeza, maka saya bawa ia ke tanah lapang di depan rumah kami, kami kumpulkan beberapa daun kering sembari menghitung dan mengurutkan dari bagian paling kecil hingga paling besar. Terkadang di sertai beberapa nyanyian yang ceria dan menarik hati hingga anak lupa bahwa ia sedang menjalani proses belajar.

Ada proses penyaluran energi dalam bentuk positif bagi anak-anak, merangsang seluruh inderawinya bekerja merespon suara alam. Melalui rabaan ia akan belajar bentuk dan menguatkan sensor motoriknya, melalui nyanyian menguatkan keceriaan dan memudahkan proses menghafal, melalui pencarian demi pencarian menumbuhkan rasa ingin tahu yang lebih serta banyak hal berharga lainnya yang bisa kita dapatkan saat anak-anak berkegiatan di luar rumah.

Bermain di alam mengajarkan beberapa point membangun untuk mereka. Di antaranya anak akan belajar konsep mengikuti aturan dan SOP, ia belajar sosialisasi dengan sekitarnya, pintar menempatkan diri dan mampu mengelola emosinya dengan baik, semangat bekerjasama serta tak lupa mengembangkan beberapa aspek kecerdasan anak di antaranya, kecerdasan mental, spiritual, bahasa dan tak lupa kemampuan motoriknya yang akan sangat berpengaruh pada kehidupan mereka di masa mendatang.

Dalam suasana liburan dan menuntaskan misi "TRATION (Travelling Education) Osin Family, kami membawa anak-anak untuk menikmati salah satu tempat wisata edukasi di wilayah Bandung daerah agak atas 🤣

Duo Jenderal saat mencoba mainan edukatif

Duo Jenderal belajar konsep Katrol

Diaroma Gunung Meletus

Mencoba Olahraga Panahan


Adalah sebuah tempat bernama " Bandung Science Center" atau di kenal dengan nama BSC. Sebuah wahana permainan edukasi yang baru di buka tiga tahun yang lalu.
Nah sebagai salah satu uji kemandirian serta keberanian duo jenderal pada saat mengelilingi arena BSC ini duo jenderal hanya di temani oleh seorang kakak manis yang bertugas sebagai pemandu mereka.

Petualangan di mulai saat mereka menjelajah dan mengenal apa itu bumi dan ruang angkasa, di lanjut dengan eksplorasi beberapa percobaan dari beberapa disiplin ilmu, dari mulai percobaan fisika, kimia, alat peraga biologi dll. Tour science di akhiri dengan menikmati area outdoor sembari berlatih mengendalikan busur dan anak panah, dan tetap di kawal oleh seorang pemandu ya 😃
Hari ini, selain belajar sains dan berbagai ilmu pengetahuan langsung para praktik di lapangan, anak-anak belajar mandiri dan berani menjelajah tanpa dampingan Ayana dan Bunda, hanya di temani oleh kakak pemandu. Seperti apa yang pernah di tulis Merry Riana dalam sebuah bukunya, "Aku akan perintahkan diriku untuk berkata mampu, aku akan mengalahkan keraguan, rasa takut, perasaan minder dan menukarnya dengan keberanian".




Jakarta, 28 April 2019
Puspaning Dyah, catatan bunda pembelajar






#hari4
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

0 komentar:

Posting Komentar