Sabtu, 27 April 2019

Memulai Kebiasaan Baik Untuk Warisan Generasi Mendatang


Memulai sesuatu hal yang baru serta tak lazim di kebanyakan orang, awalnya mungkin akan terasa aneh dan asing. Salah satu kebiasaan yang kami tanamkan pada anak-anak adalah selalu merapihkan kembali meja makan setelah selesai di gunakan baik saat sessi makan bersama maupun berbagai kegiatan domestik yang lainnya, termasuk jika tengah menikmati jamuan di rumah makan atau yang sejenisnya.

Point pentingnya bukan pada apa yang kamu pesan tapi pada apa yag bisa kamu habiskan dan apa yang bisa kamu rapihkan kembali.


Berempati pada para waitress di rumah makan, membantu meringankan tugasnya dengan menata kembali dengan rapih dan minim sampah yang berserakan pasca menyantap hidangan adalah salah satu bentuk yang kami latih pada anak-anak sedari dini. Ada upaya mereka untuk bertanggungjawan pada setiap sendok nasi dan lauk pauk yang mereka ambil, karena sebanyak apa mereka mengambil porsi makan, sebanyak itu pula yang harus mereka habiskan. Seberapa banyaknya menu yang mereka pesan, sebanyak itulah mereka perlu membereskan. Melatih anak-anak untuk kembali membereskan meja makan hingga nampak seperti sedia kala adalah salah satu ikhtiar untuk mereka mengenal kemandirian dan rasa tanggung jawab sedini mungkin, untuk bekal terbaik dimasa mendatang.



Bandung, 27 April 2019
Puspaning Dyah, Catatan Bunda Pembelajar



#hari3
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

0 komentar:

Posting Komentar