Kamis, 09 Maret 2017

Tantangan#2_Melatih Kemandirian Keluarga_Hari Pertama

Mendapat wacana mengenai "Kemandirian" seakan menjadi tamparan keras yang menyadarkan saya betapa saya pribadi terlena dalam mempersiapkan hal yang satu ini.

Selama ini saya hanya fokus kemampuan kognitif anak-anak tanpa menyadari bahwa kemandirian bisa di latih dan di tumbuh kembangkan bersamaan dengan latihan kemandirian ananda. Dan sejatinya proses melatih kemandirian kami para orang tua, yang juga berperan sebagai suami dan istri bisa di latih di waktu dan kesempatan yang sama.

Proses awal yang kami lakukan adalah saling berdiskusi (melibatkan saya 30y11m, ayana 33y1m, dan nadia 5y11m, sedangkan Yeza 2y6m tidak secara aktif mengikuti proses diskusi),  kami membicarakan apa itu kemandirian dan jenis kemandirian apa yang perlu kami latih selama sebulan ke depan.

Akhirnya kami memutuskan untuk melatih kemandirian masing-masing anak untuk satu atau dua jenis kemandirian yang bisa di latih secara bersamaan selama sepekan ke depan.

Untuk Adek Yeza kami akan konsisten melatih kemandirian Yeza dalam hal makan dan toilet training, sedangkan untuk Nadia kami akan melatih kemandiriannua dalam mempersiapkan segala keperluan sekolahnya secara mandiri.

Bismillah, semoga pekan ini mampu kami lewati dengan baik



0 komentar:

Posting Komentar