Senin, 27 Maret 2017

Level 3_My Family My Team_Hari Kelima_My Clean Deskstop

Meja Kerja Bunda 😊

Pojok Bunda

Tampilan meja kerja sejatinya mencerminkan kepribadian sang pemilik. Filosofi tersebutlah yang menjadi dasar untuk kami melalukan project hari ini.

Melihat kondisi meja kerja saya yang beberapa hari ini terabaikan dan di penuhi dengan kertas-kertas dari negeri antah berantah yang semuanya di tumpuk tak beraturan, membuat tangan menjadi geli jika tak melakukan sesuatu hal terhadapnya.

Project kali ini hanya melibatkan saya dan Nadia (Ayana dan adek Yeza sedang dating di luar rumah)

Nama Project : Clean My Desktop
Pimpro : Bunda
Eksekutor : Nadia (petugas GURITA - Gunting, Tempel dan Bercerita)
Durasi Pelaksanaan : 1 Jam
Peralatan : Kardus Bekas, double tap, spidol, crayon


Proses di mulai dengan proses briefing saya kepada Nadia, mengenai tugas yang akan dikerjakannya dalam project hari ini.
Atas dasar arahan saya tersebut, Nadia mengerjakan beberapa tugas sederhana (Mewarnai, menggunting, menempel dan menata), kardus bekas yang saya tulis dengan huruf, kemudian di warnai dan di gunting oleh Nadia, Nadia bertugas pula dalam hal menggambar ornamen pelengkap, serta menempelnya di dinding yang telah kami sepakati menjadi "POJOK BUNDA" di rumah kami.

Nadia Mewarnai Lembar Huruf di atas kardus bekas



Mengadaptasi filosofi meja kerja yang dianut masyarakat Jepang, konsep 5S dalam hal pengaturan rumah, yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. :


  1. Seiri adalah meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, singkirkan yang tidak perlu dan pertahankan yang memang perlu.
  2. Seiton atau proper arrangement adalah meletakkan barang-barang sedemikian rupa sehingga mudah dicapai jika diperlukan.
  3. Seiso dalam menjaga sesuatunya selalu bersih, jangan sampai ada sampah atau kotoran di tempat kerja.
  4. Sedangkan seiketsu, adalah mempertahankan kondisi bersih itu secara abadi, setelah dibersihkan.
  5. Dan shitsuke bisa diterjemahkan sebagai komitmen. Sekalipun bukan bagian dari 4S sebelumnya, tapi prinsip ini mengajarkan untuk mematuhi dan mengambil sebuah standar terhadap empat komposen sebelumnya

Dengan merapihkan tempat kerja maka suasana kerja akan menjadi lebih fresh, ide-ide akan mudah mengalir dan perasaan bahagia dengan sendirinya akan tercipta.


Omah Sinau, 27 April 2017
Puspaning Dyah, menulis dalam rangka meninggalkan jejak


@puspafajar

#kuliahbunsayiip
#myfamilymyteam
#iiplampung
#tantanganharikelima


0 komentar:

Posting Komentar