Minggu, 26 Maret 2017

Relay KulWapp by Bang Ichal_Family Project

๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ๐Ÿ“ฃ
*Relay KULIAH WHATSSUP*

๐Ÿ‘ท‍♀๐Ÿ•ต๐Ÿป‍♀๐Ÿ‘ฉ‍⚕๐Ÿ‘ฉ๐Ÿพ‍๐ŸŒพ๐Ÿ‘ฉ‍๐Ÿซ๐Ÿ‘ฎ‍♀๐Ÿ‘ฉ๐Ÿป‍๐Ÿณ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿผ‍๐ŸŽ“๐Ÿ‘ฉ๐Ÿฝ‍๐Ÿญ

Haaiii... Haaiii... Haaiii... bunda pembelajar
Kita Relay KULWAP yuukkk

Kali ini materinya๐Ÿ“‘๐Ÿ“tentang *Family Project*

*Kapan...*⁉⁉⁉

๐Ÿ“† *Nanti Malam... Minggu, 26 Maret 2017*
⏰ *20.00-21.00Wib*
๐Ÿ‘จ๐Ÿป‍๐Ÿซ *bersama Bang Ical... Dengan nama lengkap Ahmad Ferzal*

Siap-siap yaa catat tanggal dan waktunya...



๐Ÿ†—๐Ÿ”›๐Ÿ†’๐Ÿ”๐Ÿ†—๐Ÿ”›๐Ÿ†’๐Ÿ”๐Ÿ†—


๐ŸŽ“ *Profil :*

๐Ÿ‘ค Nama: Achmad Ferzal (bang Ical)
๐Ÿ”นPenggagas dan Pendiri TRUE Creative aid (www.ngakal.ning.com).
๐Ÿ”นDesain produk ITB, ketertarikan pada pengembangan: Design Thinking for All. Digunakan sebagai sarana pembangkit daya kreativitas berbasis LINGKUNG (kreatifalakita)
๐Ÿ”นBerpengalaman mendampingi masyarakat di pedalaman dan menemukan pola didik sejati anak-anak ala daerahnya masing-masing.
๐Ÿ”นAyah dari 5 anak muda (si bungsu 16 tahun).
๐Ÿ”นBerdomisili di kota Bogor

๐Ÿ“ *Materi :*
๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จYuk jadi perancang pengalaman.๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ฑ
  ๐Ÿ‘คby Achmad Ferzal

๐Ÿ“‚Analogi yang sering digunakan:
Bagaimana mengajak kuda mendatangi sungai untuk minum?
Diseret, dipaksa,dicambuk, didorong?

๐ŸŽAjak kuda berlari2 (berkegiatan). Begitu haus dia akan mencari sungai untuk minum.

๐ŸšธKegiatan menghasilkan pengalaman (penumbuhan sikap, pengasahan keterampilan dan bertambahnya pengetahuan, serta.)

๐ŸŽฃ *Belanja pengalaman* terbukti lebih berdampak daripada sekedar berbelanja yang lainnya.

⬇Nilai barang terus turun, nilai pengalaman terus naik.Bahkan pengalaman 'buruk'pun bisa diceritakan kembali sambil tertawa.Apalagi pengalaman yang membahagiakan.

๐Ÿš€Yuk jadi menjadi *perancang pengalaman* dengan melakukan kegiatan bermakna.

๐Ÿ‘คMenurut *Prof. Yus Rusyana* : manusia hidup berciri melakukan kegiatan2:

๐Ÿ—ฃ *Berbahasa* (berbicara, menyimak, menulis, membaca)
๐Ÿ–๐Ÿพ *Indera* (merasa dengan kulit dan lidah, melihat, mendengar, membaui)
❣ *Rohani* (berpikir, merasa dengan hati, imajinasi, berkehendak, mengingat dll)
๐Ÿ‹๐Ÿผ‍♀ *Jasmani* (menggerakkan tangan, kaki, badan, paru2 dan seterusnya)

๐ŸŽญKegiatan manusia yang unik dipengaruhi *Lingkung*nya(bahasa Indonesianya context) dimana ia berada.
Tiap masy/individu tumbuhUnik di jalan hebatnya.

๐ŸŒŽ *Lingkung* terdiri dari:
๐ŸŒฉ *Alam fisik* (tanah, batu, air, udara, cahaya, temperatur dst..)
๐Ÿฆ€ *Alam hayati* (tumbuhan, hewan, mikroorganisma)
Masyarakat (individu, kelompok dst...)
๐Ÿน *Budaya* (mata pencaharian, alat2 hidup dan teknologi, organisasi sosial, pengetahuan, seni, bahasa dst...)
๐Ÿ•‹ *Kehidupan beragama*.

๐Ÿ“ฅDari kombinasi kegiatan dan lingkung dapat diperoleh kegiatan-kegiatan bermakna/berbobot.

๐ŸŒณContoh kecil:
Lingkung: alam hayati-tumbuhan.
Ada beratus jenis tumbuhan.
Ambil satu saja, pohon mangga misalnya.
Dari satu pohon ada akar, batang,daun, ranting, bunga, buah.

๐ŸƒDari tiap bagian masih bisa dijabarkan lagi.

Ambil satu kegiatan:
Inderawi: merasa dengan kulit:
Meraba dan membedakan tekstur, kasar-halus, keras-lembut.

0 komentar:

Posting Komentar