Sabtu, 23 November 2019

Mengenal Konsep Uang melalui Proses Magang anak di usia Pra Latih


Sejak usia kapankah anak-anak boleh dikenalkan dengan fungsi uang? Lalu bagaimana cara yang manis dalam mengajarkan konsep "Manajemen Keuangan" pada anak-anak? Menjadi pembahasan menarik bagi kami sang #pasanganakuntan 😄

Kami berdua berpendapat, di rentang usia pra latih, anak-anak sudah pantas untuk dikenalkan konsep uang, termasuk di dalamnya mengenalkan tentang konsep pengelolaan keuangan sederhana. Bagian kecenya adalah, dengan pendekatan apa yang bisa kita gunakan agar menyederhanakan konsep "Financial Planning" pada mereka.

Beberapa anak mungkin telah mengenal uang (dalam artian fisik uang), tapi belum banyak yang memahami konsep uang itu sendiri seperti apa. Segelintir  anak (mudah-mudahan hanya jumlah minoritas dari keseluruhan  populasi) berfikir bahwa mencari uang itu mudah karena orangtua selalu memilili uang. Lebih parahnya adalah saat mereka memiliki framing bahwa orangtua satu-satunya penghasil uang bagi mereka.


Sadar atau tidak setiap makhluk hidup pasti hidup dengan tujuan. Misalnya saja saat seseorang memiliki rasa lapar, maka ia akan berusaha mencari makanan dengan tujuan mengenyangkan perutnya, menjaga kesehatannya, atau sekedar makan untuk bisa berkumpul bersama orang lain.

Begitu pula pada anak-anak, sebelum kita mengenalkan konsep Perencanaan Keuangan, bisa kita arahkan terlebih dahulu apa tujuan keuangan itu sendiri.

"Hemat Pangkal Kaya"
Sebuah peribahasa lawas yang tak asing dipendengaran kita semua. Salah satu caranya adalah dengan menabung.

"Bang bing bung yook kita nabung"
"Tang ting tung yook mari berhitung"
"Tahu-tahu kita nanti jadi untung"

Bagi orangtua kelahiran 80n pasto familiar dengan salah satu lirik lagu anak yang pernah hits dijamannya dahulu
 Cara terasyik mengenalkan konsep menabung pada mereka adalah libatkan mereka untuk membeli/membuat celengan milik mereka pribadi.
Pilihlah bentuk dan warna sesuka dan segembira mereka, agar merekapun tertarik untuk segera memenuhi sang celengan.



Banyak sekali manfaat mengajarkan menabung pada anak-anak, salah satunya adalah mereka menjadi pembelajar yang mandiri, tidak mudah bergantung pada orang lain, serta memupuk subur tentang konsep menabung.

Buat pula aneka permainan menarik yang melibatkan peran mereka. Ajak mereka turut libatkan mereka dan beri dukungan penuh pada segala akvitas.





Salah satu kegiatan menyenangkan bagi anak-anak adalah saat mereka bisa menjalankan sesi magang di rumah mereka sendiri. Terkadang mereka menjalani pekerjaan sebagai tukang cuci mobil, pekerja cuci piring, dan aneka tugas rumah tangga yang diberikan baik atas pilihannya sendiri atau atas instruksi kami selaku pemberi kerja dan fasilitator mereka.

"Upah" yang didapat akan masuk menjadi tabungan mereka untuk suatu saat kelak dibelanjakan barang yang menjadi "wish dream" yang mereka tulis dalam jurnal keluarga di awal tahun. Serta tak lupa menyisihkan bagian dari sebagian total tabungan untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerima


0 komentar:

Posting Komentar