Kamis, 25 Juli 2019

Ketika Jemariku Berkreasi



Menyadur dari wikipedia, Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan.

Ada suatu teori yang menuliskan bahwa kreativitas itu terdiri dari 4 P, Person, Process, Product dan Press yang semuanya saling berkaitan erat. Misalnya seperti ini, mulanya ada Person, pribadi kreatif yang melibatkan diri pada suatu Process kreatif maupun karena adanya dorongan (Press) dari orang lain maupun suatu lingkungan demi menghasilkan suatu Product kreatif.

Produk yang dihasilkan bisa mencakup pembentukan pola baru yang belum terfikirkan sebelumnya, atau hasil cangkokan dari beberapa bentuk sebelumnya. Ada yang berasal dari imajinatif sang kreator, namun ada pula yang berasal dari gabungan informasi dan pengalaman sebelumnya.

Kalau kita mau telisik lebih lanjut, buah hasil kreativitas bisa jadi adalah proses yang menunjukkan keluwesan, orisinalitas dalam berfikir dan daya elaborasi (mengembangkan, memperkaya dan merinci) suatu gagasan.



Eheeemm.. Proses mengasah kreativitas adek yeza hari ini di stimulus dengan mengacak-acak blok-blok kayu hingga membuat aneka macam pola, hikzz hikzz karena si emak lagi sibuk beberes untuk pindahan jadi perhatian HE untuk duo jenderal agak terduakan nih 🥺

Jadi dari satu blok kayu itu, yeza bisa berkreasi dengan aneka bentuk lainnya, berulang kali mencoba pola yang berbeda untuk bisa masuk dalam batasan box kayu, sehingga terciptalah aneka formula yang bisa melengkapi box kayu tersebut.

Ketekunannya nampak terlihat, kesabarannya terlatih saat menemukan pola yang belum tepat dan membuat box kayu tidak tepat terisi, visualnya di manjakan dengan aneka warna kayu-kayu kecil yang menjadi "senjatanya" malam ini😃 dan sebagai seorang pembelajar mandiri, doi ogah banget euy kalau harus bertanya atau bahkan mendengar instruksi sang kakak yang berusaha membantu yeza mengarahkan suatu pertolongan padanya 🤣


0 komentar:

Posting Komentar