Rabu, 01 Mei 2019

Piknik Yuuk, Karena Piknik Itu Asik



Mengajarkan anak untuk menjadi mandiri rasanya tak salah jika di mulai sedini mungkin, saat ia mulai faham interaksi bersama dirinya, sesamanya, saudaranya maupun orang dewasa. Kenapa begitu? Mari kita tanya Galileo... Eh salah ya? Hihihi... 😆😆😆
Fakta psikologi berbicara bahwa kemandirian yang di latih sedini mungkin akan berpengaruh pada pembentukan karakter di masa dewasa mereka kelak.

Saya setuju dengan pendapat banyak ahli yang mengatakan bahwa melatih kemandirian artinya kita pun tengah melatih rasa tanggung jawab mereka. Ada banyak hal yang menjadi kunci sukses proses ini, kesabaran dan keuletan orang tua sebagai fasilitator utama menjadi salah satu kunci ,selain itu perlu diingat, melatih anak mengerjakan sesuatu terkadang butuh proses berulang sampai akhirnya sang anak terbiasa untuk melakukannya.

Mulai dengan memberikan tugas sederhana namun di lakukan secara konsisten. Saat mereka akan mencoba hal baru, maka berilah mereka kesempatan dan percayalah bahwa mereka mampu menyelesaikan amanah yang di berikan kepada mereka.

Salah satu budaya dalam keluarga kami adalah seringnya melakukan Tration atau Travelling Education, di mana kami akan berkunjung ke beberapa destinasi wisata maupun tempat di mana kami bisa bertemu dengan banyak guru kehidupan. Sebagai contoh saat Tration kami beberapa hari yang lalu, dengan rute yang cukup panjang, Bandar Lampung - Jakarta - Tegal - Semarang - Purwodadi - Yogyakarta - Bandung dan kembali lagi ke Bandar Lampung.


Di setiap tration, anak-anak telah terbiasa menyiapkan sendiri kebutuhannya, mulai dari busana sehari-hari, alat mandi, berbagai permainan sebagai pengisi waktu selama dalam perjalanan, serta tak lupa turut aktif untuk menentukan itinery kami selama Tration.


Tugas merapihkan tempat tidur pun tetap mereka jalankan dengan merapihkan tempat tidur hotel, serta tak lupa membuang selalu sampah pada tempatnya sekecil apapun sampah tersebut.

Termasuk urusan makanan, anak-anak hanya akan memesan atau mengambil menu dan porsi makanan sesuai dengan apa yang bisa mereka habiskan.
Menjadi pembelajar mandiri saat mereka datang ke suatu tempat wisata
Terlihat sangat sederhana, namun butuh konsistensi dan kesabaran agar kebiasaan kecil ini menjadi budaya yang tumbuh dan membumi di keluarga.

Sudah berlatih kemandirian bersama keluarga? Bukan kemarin ataupun esok, karena sekarang adalah saat yang tepat 😄



Bandar Lampung, 01 Mei 2019
Puspaning Dyah, Catatan Bunda Pembelajar




#hari8
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

0 komentar:

Posting Komentar