Jumat, 03 Februari 2017

Tantangan#1_Hari Kesepuluh_In Sya Allah kami BISA



Memasuki hari terakhir di Tantangan pertama bulan Januari 2017 Kelas Bunda Sayang IIP, ada beragam rasa beradu. Konsep Komunikasi Produktif yang di pelajari rasanya begitu mudah untuk di baca, namun ternyata pada praktiknya "agak" sulit untuk di terapkan secara konsisten.

Hari pertama memulai saat ghirah masih berada di puncak rasanya begitu mudah untuk berlaku "manis" kepada anak-anak dan keluarga, saat itu rasanya optimis akan lempeng-lempeng saja melakoni peran sebagai komunikator produktif di tingkat keluarga. Tak kan naik kelas seorang Hamba tanpa melalui ujian sebelumnya, begitu pula dengan konsistensi melakukan komunikasi secara lebih produktif. Saat semangat mengendur di tengah lonjakan emosi yang naik turun, saat itulah sejatinya genderang pertarungan mulai di tabuh.

Melihat rumah berantakan, anak-anak yang berperilaku tidak sesuai keinginan, suami yang masih setia dengan sikap acuhnya, atau bahkan saat masih sadar bahwa kucing tetangga baru melahirkan anaknya untuk yang ke-sekian kali, di saat itulah ujian datang bertubi-tubi, menguji kadar konsistensi kita untuk tetap berpedoman pada prinsip-prinsip komunikasi produktif.



Fyiuuuuh.... PR utama untuk berkomunikasi pada diri sendiri seperti penggambaran di ataslah yang saat ini masih menjadi tantangan terberat kami. Mendeliverkan pesan dan tidak membawa kepentingan pribadi kepada anak-anak maupun pasangan senantiasa terasah setiap hari, ibarat mata pisau yang setiap hari di asah akan semakin tajam, namun kadang kala perlu pula pisau diistirahatkan agar tak jadi kebablasan, bukannya tajam malah pisau yang kita asah akan menjadi tumpul dan kehilangan fungsi utamanya. Begitulah dengan praktik komunikasi produktif dalam keluarga kami, ada kala peraturan tegas kami terapkan namun ada kala kami ingin rehat hanya berbincang santai saling mengalirkan rasa di antara kami.

Berdiskusi dengan suami adalah salah satu aktifitas yang paling saya nanti, biasanya saya memanfaatkan saat menjelang tidur untuk membicarakan hal apa saja yang kami alami maupun agenda kegiatan kami di hari-hari kemudian. Seperti halnya malam ini, saya mencoba mengajak Ayana untuk me-review hasil dari proses kami 9 hari lalu, diikuti dengan ide saya membuat checklist harian untuk kami amati perkembangan diri kami selama 1 bulan ke depan.

Dalam tabel di bawah adalah Daftar Check List Harian yang saya dan Ayana sepakati untuk kami bersama amati selama 1 bulan ke depan. Kami berharap dengan penilaian dari orang lain, kami mau untuk mengubah beberapa sisi negatif pengajaran kami terhadap anak-anak. Agar kami siap untuk menjadi pengawal peradaban, menjadikan buah hati kami generasi unggul yang tumbuh dan di besarkan dalam banyak hal positif.




Check List Harian Ayana Eko dan Bunda Sasha

Tabel Aliran Rasa Listiyono Family


#hari10
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kelasbunsayiip
#puspaningdyahfc_iiplampung

0 komentar:

Posting Komentar