Selasa, 03 Desember 2019

Produksi Mandiri Membuatku Mengerti


Dalam satu kesempatan anak-anak bertanya pada saya:

"Bund, apa sih bedanya kalau kita masak sendiri dan kita beli di resto, cafe atau toko kue?"

Ketimbang menjawabnya dengan pendekatan pengayaan atau uraian macam jawaban soal ujian maka saya ajak duo jenderal untuk langsung terjun merasakan bedanya saat kita berproduksi sendiri atau memanfaatkan jasa servis makanan di luar rumah.

Sebagaimana menu harian Osin Family, jadwal kudapan sore ini adalah Donat Kentang. Bahan-bahan telah tersedia di rumah dan tinggal waktu eksekusi menunggu jadwal duo jenderal kembali dari sekolah formalnya.

Adonan donat dalam proses fermentasi


Pasca proses panjang demi menghadirkan sepotong donat hangat yang empuk dan nikmat, kami melakukan perhitungan ulang akan biaya yang kami habiskan saat proses produksi.

Dengan perkiraan total biaya produksi baik biaya langsung maupun biaya tak langsung di dapatlah angka total yang kemudian dibagi sesuai dengan jumlah donut yang berhasil diproduksi. Diskusi berlanjut dengan membandingkan harga jual donat pada bakery.

Sehingga dari berbagai proses dan aktivitas kami hari ini mereka membuat beberapa kesimpulan:

1. Memasak sendiri membutuhkan biaya yang lebih murah daripada beli
2. Dengan biaya yang nilainya masih lebih kecil dibanding saat membeli di luar ternyata bisa mendapat hasil yang lebih banyak
3. Dengan membuat sendiri kita bisa faham bahan yang digunakan, bahan dengan kualitaa baik berpengaruh pula pada biaya produksi barang

Dan akhirnya terjawab dengan sendirinya apa yang menjadi pertanyaan mereka, mereka tanpa sadar sedang menuju jawaban yang mereka cari.


0 komentar:

Posting Komentar