Jumat, 03 November 2017

Atraksi Anak Didik Sekolah IT semarakkan gelaran Musywil JSIT Lampung


Musyawarah Wilayah JSIT ke-4 Wilayah Lampung


Jumat, 27 Oktober 2017 saya berkesempatan mewakili Tapis Blogger dalam gelaran acara Musyawarah Wilayah ke-4 JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Wilayah Lampung yang di selenggarakan di Hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung. semula saya hanya berfikir akan banyak seremonial kaku bin membosankan layaknya acara-acara resmi dan serius yang seringkali saya ikuti. Datang ke venue dengan sedikit terlambat karena beberapa urusan domestik yang harus di selesaikan, saya baru tiba di venue saat acara sudah di mulai. Kesan pertama yang saya rasakan, pesertanya penuh sesak dan padat hingga sedikit sekali ruang gerak saya untuk hunting foto selama sessi acara berlangsung 😊

Padatnya Peserta Musywil JSIT


Oke namanya juga Jaringan Sekolah Islam Terpadu, pastinya selama acara berlangsung kental sekali nuansa syariah Islam mewarnai sederet acara dari pertama kali MC membuka acara hingga penutupan acara di malam dini hari pastinya. Melalui Round Down yang di sampaikan panitia, acara di buka dengan persembahan Tari Sigegh Penguten dari SDIT Cahaya Madani (sayang saat penampilan tari tradisional ini saya tidak sempat menyaksikkan karena keterlambatan saya tiba di lokasi acara)


Penari Sigegh Penguten

FYI guyz Tari Sigegh Pengunten ini adalah salah satu tari kreasi baru dari Lampung sebagai pengembangan dari Tari Sembah yang merupakan tari tradisional Lampung, sempat saya mencari informasi mengenai Tari Kreasi ini, melalui Peraturan Daerah Tari Sigegh Pengunten diresmikan sebagai tarian Lampung dalam penyambutan tamu penting. Koreografi tari ini juga mengambil unsur dari berbagai tari tradisional Lampung untuk merepresentasikan budaya Lampung yang beragam. Acara selanjutnya di lanjut dengan pembacaan Tilawah Qur’an oleh ananda Muhammad Hasim Al Asyari dari SDIT Baitul Muslim Way Jepara.
Tilawah Qur'an

Saya tadinya berfikir bahwa pembukaan hanya akan sampai sekian dan terimakasih 😊 rupanya masih menanti dalam antrian beberapa persembahan istimewa dari anak-anak didik yang masuk dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu Wilayah Lampung. Performa Pertama di sajikan oleh adik-adik perwakilan TKIT, di buka dengan penampilan Tilawah Al-Qur’an dan Puisi Persembahan duo lelaki solih dari PAUD Ar Raudhoh Lampung Barat , Lanjut dengan penampilan yang atraktif tari kreasi Assalamualaikum hasil kolaborasi dari adik-adik  TKIT Uswatun Hasanah, TKIT Ulul Ilmi, PAUDIT Qurrota A’yun 2 dan TKIT Fitrah Insani 1.


Tilawatil Qur'an PAUD Ar'Raudhoh

Kolaborasi Tari Kreasi


Sambutan Ketua JSIT Lampung, Bpk. Zulkarnain HK, SP


Zulkarnain H. K, SP selaku Ketua JSIT Lampung dalam sambutannya berharap agar proses pelaksanaan Musywil JSIT Lampung berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat dihasilkan keputusan-keputusan yang membawa kebaikan untuk ummat. Performa keren dari anak didik JSIT pun berlanjut kembali, sessi ini hadirin di suguhkan penampilan kece dari perwakilan SDIT yang dimulai dengan Parti Oke (Parade Tilawah Otak Kanan) SDIT Fitrah Insani, Langkapura. Anak-anak solih nan solihah memperagakan murojaah Surat An-Naba melalui gerakan anggota tubuh mereka sesuai dengan arti dari Ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka lantunkan. Di lanjut dengan pembacaan puisi (yang mungkin akan lebih tepat jika di sebut elegi) persembahan SDIT Insan Rabbani Lampung Utara dengan judul Puisi untuk Rohingnya yang sukses menitikkan air mata hadirin yang mendengarkannya. 
Parade Tilawah Otak Kanan

Elegi : Puisi Untuk Rohingnya

Rebana dan Shalawat Nabi

Tari Kreasi Muli Berpencak

Hentakan dan harmonisasi Rebana mengiringi Shalawat Thalaal Badru menjadi atraksi selanjutnya, dengan suara khas bariton yang di bawakan oleh SDIT Permata Bunda III membuat suasana di dalam gedung yang tadinya panas menjadi hangat seketika karena lantunan shalawat dan pujian kepada baginda Rasulullah. Penampilan adik-adik SDITdi tutup dengan persembahan tari kreasi “Muli Berpencak” dari SDIT Permata Bunda I, di selingi atraksi pencak silat, para adik-adik yang cantik membawakan dengan sangat lincah dan tegas.

Sambutan Bpk. Fahrizal D, Kepala BPSDM Prov. Lampung


Acara yang semula di rencanakan akan di hadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Lampung, Ridho Ficardo yang dalam kesempatan ini berhalangan hadir sehingga di wakilkan kepada Kepala BPSDM Provinsi Lampung, Bapak. Ir. Fahrizal Darminto, MA. Beliau dalam hal ini menyampaikan amanat dari Gubernur Lampung agar ISIT mampu menjadi roda penggerak yang selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terutama Sekolah Islam Terpadu, serta dengan musywil kali ini dapat menghasilkan fikiran-fikiran konstruktif bagi perkembangan pendidikan di Provinsi Lampung serta terselih harapan agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik.
Sekjend JSIT, Ust. Suhartono, MPD

Sambutan berikutnya di sampaikan oleh Sekjend ISIT Indonesia, Ust. Suhartono, MPD yang sekaligus membuka secara resmi acara Musywil JSIT Wilayah Lampung. satu hal yang saya sepakati dari sambutan Beliau adalah “Boleh kita berfikir global, tapi selalulah mulai langkahmu dengan aksi lokal” saya sendiri menyimpulkan dari sambutan beliau selalulah memulai perubahan dari hal-hal kecil di sekitar kita, terlebih khususnya memulai perubahan dari diri kita sendiri, sehingga dengan tapak-tapak langkah kecil kita mampu menjadi tindakan nyata untuk perubahan nasional. Benar sekali jika kemudian beliau berpesan agar JSIT mampu menjadi pusat dan pemberdaya sekolah Islam Terpadu agar menjadi lembaga pendidikan yang berdaya maju dan bermutu tinggi.


Tari Bedana

Atraksi Wushu

Orasi Kepemudaan


Menutup penampilan di acara pembukaan Musywil JSIT adalah penampilan dari Perwakilan SMPIT, yang dibuka dengan Tari Kreasi Bedana dari SMPIT Daarul Ilmi. Jenis tari ini adalah tari Hiburan yang biasa di bawakan oleh muda mudi Lampung. Konon kabarnya sih Tari Bedana ini adalah salah satu budaya tradisional Lampung yang kuat nafas Islam di dalamnya, dalam tarian tersebut menjadi semacam gambaran nilai alkulturasi budaya dan tata cara muda mudi Lampung bergaul dan komitmen mereka dala beragama, karena secara simbolis tarian ini menggambarkan pemuda dan pemudi Lampung yang ramah dan terbuka. Setelah tarian Bedana yang di bawakan dengan sangat cantik dan enerjik, hentakan penampilan berikutnya di sajikan oleh duo lelaki gagah dari SMPIT Fitrah Insani melalui peragaan Wushu, penampilan pun di tutup dengan Orasi Kepemudaan oleh SMAIT Baitul Muslim.

Secara keseluruhan rangkaian acara yang diketuai oleh Bapak. Iwan Setiawan, S.P berjalan dengan smooth dan mengalir dengan syahdu dan khidmat. Walaupun secara pribadi saya tidak memutuskan buah hati kami untuk bersekolah di Sekolah Islam Terpadu yang masuk dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu Wilayah Lampung, namun saya setuju dengan komitmen, langkah kerja, cara berfikir dan program kerja yang dicanangkan oleh JSIT, terselip harapan semoga Musywil dapat berjalan baik, dan menjadi salah satu wilayah JSIT yang maju dan terdepan.



Bandar Lampung, 1 November 2017

Puspaning Dyah, fasilitator dari Nadia dan Yeza yang merasa gembira turut serta  merasakan semangat juang JSIT yang bergemuruh


0 komentar:

Posting Komentar