Selasa, 31 Oktober 2017

Yamet Hatori Shadow Teacher, buka layanan Training Bagi Shadow Teacher


Soft Opening Yamet Hatori Shadow Teacher

Sebagai orang dewasa yang kemudian memutuskan menikah, salah satu yang diharapkan pastinya adalah kelahiran buah hati, penerus keturunan yang melalui tangan mereka kelak di tumpukan banyak harapan dan cita-cita orang tua. Oran tua tidak bisa meminta akan dilahirkan sebagaimana dan seperti apa buah hati yang kelak akan hadir mewarnai hari-hari mereka. Demikian pula seorang anak tidak bisa memilih akan terlahir dari rahim ibu yang mana atau sperma lelaki mana sehingga kemudian Allah berikan nyawa pada calon anak hingga saatnya mereka lahir ke dunia. Dalam Al-Qur’an Qs Al-Kahfi Ayat 46 Allah menyebutkan :

“ Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan”



Tidak semua orang tua diberikan anak-anak yang telahir sempurna secara fisik maupun psikologis. Beberapa orang tua akan sangat bersyukur manakala mendapatkan buah hati yang “istimewa”. Beberapa waktu yang lalu saya bersama beberapa rekan Blogger Lampung berkesempatan menghadiri soft launching sekolah swasta pertama di Lampung, yang concern terhadap bimbingan pelatihan para calon “Shadow Teacher” atau biasa kita kenal dengan “helper”. Helper bukan istilah yang asing untuk emak, Sekolah formal yang di pilih Kak Nad adalah salah satu sekolah inklusi di Bandar Lampung, yang artinya saat proses belajar di sekolah Kak Nad berbaur bersama beberapa anak-anak berkebutuhan khusus.
Peserta Seminar
Yamet Hatori Shadow Teacher resmi di buka
Penandatanganan Prasasti Yamet Shadow Teacher oleh Ibu Walikota Bandar Lampung

Persiapan Soft Launching Yamet Hatori Shadow Teacher


Melalui seminar yang di bawakan oleh dr. Tri Gunadi, Amd, OT, S.Psi dengan tema “Optimalisasi Potensi Anak dengan Sekolah Berbasis Kebutuhan Siswa dan Pentingnya Shadow Teacher di Sekolah Inklusi” setidaknya ada beberapa peran utama Helper agar orangtua maupun fasilitator di sekolah inklusi tidak menjadi salah paham dengan peran dominan Helper dalam membersamai anak berkebutuhan khusus, adapun beberapa peran dasar seorang “Shadow Teacher” adalah sebagai berikut :

1.       Mampu mendampingi guru kelas dalam menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar

2.       Mampu mendampingi anak berkebutuhan khusus (special needs children) dalam menyelesaikan tugasnya dengan pemberian instruksi yang singkat dan jelas

3.       Mampu memilih dan melibatkan teman seumur untuk kegiatan sosialisasi anak berkebutuhan khusus (special needs children)

4.       Mampu menyusun kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas anak berkebutuhan khusus (special needs children)

5.       Mampu mempersiapkan anak berkebutuhan khusus (special needs children) pada kondisi rutinitas yang berubah positif

6.       Mampu menekankan keberhasilan anak berkebutuhan khusus (special needs children) dan memberikan rewards yang sesuai dan pemberian konsekuensi terhadap perilaku yang tidak sesuai

7.       Mampu menimilasir kegagalan anak berkebutuhan khusus (special needs children), memberikan pengajaran yang menyenangkan kepada anak berkebutuhan khusus (special needs children), menjalankan individual program pembelajaran yang terindividualkan (PPI)

Yamet Hatori Shadow Teacher hadir di Bandar Lampung sebagai lembaga swasta pertama dan satu-satunya yang fokus pada pelatihan calon Shadow Teacher. Agar Shadow Teacher kembali kepada hakikat fungsi dan peran yang sebenar-benarnya. Karena jujur saja melihat beberapa fenomena di sekitar emak, di mana beberapa kali melihat dan berinteraksi langsung dengan Shadow Teacher aka Helper hanya menjalankan fungsinya sebagai the real “pembantu” sebagaimana makna harafiah dari Helper itu sendiri. Tak jarang kehadiran  Shadow Teacher justru semakin membuat anak jauh dari kata mandiri, sedangkan  di satu sisi orang tua terkesan pasrah bongkok’an terhadap progress anak di sekolah kepada Shadow Teacher.

Pletaaaaaakkkkk.... di situlah kadang rasanya timbul keingininan emak untuk ngunyah roti manis isi combro 😊 😊 😊

Memantau pemaparan yang di sampaikan oleh dr. Tri Gunadi, Amd, OT, S.Psi dalam event Milad yang kedua tahun Yamet Hatori sekaligus Soft Launching Yamet Hatori Shadow Teacher emak jadi berasumsi, bahwa layanan training dan pelatihan bagi para calon Shadow Teacher tidak hanya menarik diikuti oleh para calon Shadow Teacher saja, bahkan orang tua yang di anugerahi oleh Tuhan yang Maha Kuasa seorang Anak Istimewa atau anak berkebutuhan khusus (special needs children) karena beberapa skill dasar dalam menangni anak berkebutuhan khusus (special needs children) akan di ajarkan oleh Yamet Hatori Shadow Teacher. Peran penting seorang Helper, pendamping, Shadow Teacher dan yang tidak mungkin terlepaskan adalah peran orang tua sebagai lingkaran pertama dan paling basic dalam pola asuh dan pembentukan karakter anak akan di ajarkan, di bimbing  mencakup perkembangan akademik dan non akademik, seperti :

1.       Perkembangan sosialisasi

2.       Komunikasi

3.       Perilaku

4.       Motorik dan perkembangan latihan ketrampilan sehari-hari



Banyak-banyaklah memunajatkan rasa syukur, manakala gusti Allah yang Maha Kuasa menghadirkan anak-anak dengan fisik dan panca indera yang sempurna, namun jika Kuasa Allah memberikan hadiah spesial dalam wujud anak berkebutuhan khusus (special needs children) berbahagialah, karena hanya orang tua istimewalah yang akan di anugerahi anak-anak istimewa. Bis ajadi kita menganggap anugerah tersebut sebagai ujian besar untuk para orang tua, bukankah sesungguhnya orang akan menjadi hebat karena selalu di tempa melalui ujian yang hebat pula? Maka, berbanggalah duhai para orang tua yang memiliki anak istimewa, karena kalian adalah orang tua yang hebat, apa dan bagaimanapun kondisi kalian.





Yamet Hatori Shadow Teacher

Jl. Gator Subroto No 67, Garuntang, Bandar Lampung

Nomer Telpon : 081273120277





Puspaning Dyah, saat menulis sebagai salah satu bentuk empati




0 komentar:

Posting Komentar