Kamis, 28 Maret 2019

Memulai Komunikasi Produktif di Dalam Keluarga



Komunikasi Produktif Day#1

Berkomunikasi mungkin adalah salah satu hal naluriah yang selalu kita kerjakan sehari-hari. Tapi kadang karena semakin seringnya kita lakukan, hampir setiap hari, setiap waktu sih ada aja hal-hal yang terlewat. Seperti contoh bagaimana sih kaedah yang baik, yang perlu kita jalankan agar pesan yang ingin kita sampaikan dapat di tangkap dengan baik oleh sang penerima pesan? And this it, kami para mahasiswi yang tengah memasuki Kelas Bunda Sayang Ibu Profesional dengan Materi pertama yang di ajarkan adalah “Komunikasi Produktif” baik kepada diri sendiri , pasangan, maupun para buah hati.
Berawal dari konsep bahwa KOMUNIKASI menjadi kunci dan tindakan penting dalam membentuk, memelihara dan meningkatkan kualitas hubungan antar manusia. Banyak hubungan menjadi renggang hanya karena kesalahan dalam berkomunikasi, keluarga menjadi retak karena komunikasi anggota di dalamnya tidak tertata dengan baik, tidak menutup kemungkinan sebuah komunikasi yang tidak lancar dalam sebuah organisasi mengakibatkan hubungan antar anggotanya menjadi dingin, karena tidak ada salah satu pihak yang berjiwa besar untuk mau memulai komunikasi yang mungkin sudah lama tidak berjalan optimal.
Sukses tidaknya suatu kebijakan dalam sebuah atap yang mengarah pada perubahan, entah itu perubahan lingkungan organisasi atau kebijakan di rumah, kuncinya adalah sosialisasi (komunikasi terbuka) yang menjadi tolak ukur berhasil tidaknya implementasi kebijakan tersebut. Komunikasi bisa pula menjadi tools pemecah masalah, alat pengendali, alat untuk menyampaikan aspirasi dan ekspresi emosional serta sarana untuk memotivasi orang lain.

Berawal dari konsep tersebut, kami segenap pasukan OSIN FAMILY sepakat memulai Komunikasi Produktif kami dengan menuliskan apa saja yang akan kami kerjakan di esok hari. Papan Bicara menjadi media bagi kami untuk menuliskan To Do List kami agar masing-masing anggota keluarga bisa mengerti apa yang akan di kerjakan oleh anggota keluarga yang lain, capaian apa yang ingin di raih dan seberapa berhasilnya to do list dengan implementasinya.
To Do List Osin Family

Papan Bicara Osin Family
Di dalam Papan Bicara kami tuliskan apa saja target yang ingin kami raih sebagai individu di dalam keluarga, serta beberapa kegiatan rutin maupun yang conditional kami kerjakan di hari tertentu. Seperti nampak dalam Papan Bicara, to do list kami untuk esok Jumat adalah menyambut Sedekah Jumat yang menjadi agenda rutin OSIN FAMILY. Hihihihihi.... Kolom milik Ayana masih kosong, menunggu beliau pulang dari kantor untuk dapat di lengkapi :) 
Persiapan Duo Jenderal menyambut Sedekah Jumat Esok Hari

Selamat menanti kisah seru kami selanjutnya dalam mempraktikkan berbagi teori KOMUNIKASI PRODUKTIF ala Osin Family 😄
Bandar Lampung,28 Maret 2019
Puspa Fajar, catatan bunda pembelajar
#hari1
#gamelavel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang

0 komentar:

Posting Komentar